Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Manfaat Makan Sayur Kelor

Manfaat Makan Sayur Kelor

Mungkin sudah banyak yang mengenal atau paling tidak mendengar tentang daun kelor. Di kampung halaman saya, Madura, tepatnya di Desa Candi Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep, daun kelor merupakan sayuran favorit yang tidak boleh ketinggalan saat makan.
https://sowolo.files.wordpress.com/2013/02/manfaatdaunkelor.jpg

Di sana, daun kelor dikenal dengan nama Marongghi, mirip sekali dengan nama latinnya, Moringa Oleifera atau Moringaceae. Atau jangan-jangan nama latin kelor itu berasal dari Madura ya....capa tau.

Tapi, saat saya hijrah ke Jawa Tengah, tepatnya di Desa Banjareja Kuwarasan Kebumen, saya mulai jarang menikmati sayur daun kelor. Bukan karena pohonnya tidak ada, melainkan karena masyarakat tidak banyak mengenal bahwa daun kelor ternyata bisa dijadikan sebagai sayuran. Selama ini mereka hanya tahu bahwa daun kelor itu adalah makanan favorit kambing dan daunnya hanya digunakan sebagai alat untuk membersihkan kuku orang yang sedang meninggal ketika mereka dimandikan. Hiiii....!

Karena sudah begitu kangennya saya dengan sayur daun itu, akhirnya suatu waktu saya masak sendiri daun kelor dengan bumbu yang sangat sederhana. Bawang merah, bawah putih, kencur, garam, sedikit penyedap dan gula. Bumbu itu diuleg dan kemudian di rebus bersama daun kelornya, terutama yang masih muda. Sedaaapp...memang. Tak kalah dari daun bayam dan katu.

Daun kelor tak hanya enak dimakan, tapi juga menyehatkan karena berbagai kandungan yang dimilikinya. Bahkan pohon kelor juga berguna untuk menjaga kondisi tanah dan sumber mata air. Silahkan baca  Manfaat Daun Kelor  dan segeralah menanam pohon kelor dan nikmati daunnya sebagai sayuran pelengkap menu makan harian Anda.

0 komentar:

Posting Komentar