Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Buka Saja Dong....

Buka Saja Dong....

http://intisari-online.com//media/images/3083_memaparkan_rahasia-rahasia_kita.jpg
Kata berita, pemerintah nggak akan ngasih tahu nama-nama perusahaan yang udah membakar hutan hingga menyebabkan negeri ini mengalami darurat asap. Lho, emang kenapa? Mestinya kan dibeberkan aja biar masyarakat luas pada ngerti perusahaan milik siapa yang sudah main bakar-bakar hutan segala. Emang itu hutan warisan mbahmu, apa Dab!? Cuihh.....
 
Kalaupun benar pemerintah tidak memberitahu nama-nama perusahaan pembakar hutan dan berikut pemilik-pemiliknya yang bisa jadi mereka berasal dari kalangan pejabat, politikus, lantas apa artinya dong seruan pemerintah agar masyarakat ikut andil dalam mencegah terjadinya pembakaran hutan.
 
Biar upaya pencegahan oleh masyarakat itu efektif, harusnya orang atau pihak-pihak yang sudah nyata-nyata diketahui terlibat dalam membakar hutan kan di publikasikan. Kalau perlu dibalehokan macam gambar cabup-cawabup dan disebar di banyak tempat. Dengan begitu masyarakat kan jadi jelas kalau pembakar hutan di Jambi itu si anu, perusahaan milik si itu, yang bakar hutan di Sumatera ternyata anggota DPR yang namanya ini dan seterusnya. Jadi masyarakat punya sasaran yang pasti untuk dilawan.
 
Lah, ini malah pemerintah nggak mau buka-bukaan. Seandainya dituding melindungi jelas nggak bakalan terima. Alasan-alasan seperti "Yang penting pelakunya sudah dikenai sanksi" itu sama sekali enggak efektif bila usaha mencegah terulangnya pembakaran hutan harus melibatkan masyarakat. 

Saat ini masyarakat sudah geram dengan ulah pembakar hutan. Dan mereka butuh kepastian, perlu tahu siapa yang sudah membakar itu hutan agar di kemudian hari mereka bisa lebih mudah mengontrol seandainya pihak yang hari ini jadi tersangka pembakar hutan itu berencana mau buka lahan lagi.
 
Kalau ditutup-tutupi begini masyarakat kan jadi bingung. Lebih tepatnya khawatir. Sebab siapa tahu kelak pemerintah juga berencana untuk tidak memberitahu publik tentang siapa nama-nama menteri dalam susunan kabinet presiden mendatang.
 
"Yang penting mereka orang pinter, dan sedikit botak."
 
Lalu nama kabinetnya?
 
"Kabinet Rahasia Dong."
 
Hmm....
 

0 komentar:

Posting Komentar